Wednesday, April 28, 2010

KARTINI MODERN MASA KINI : Ibu Tri Mumpuni, Namanya disebut ama PAk Obama lho..

link : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3973749

hello guys,,sorry banget,,akhir ini gua sibuk banget,so ngga smpet buat upload blog ku.,,maap,,hari ini gua pun terpaksa copas again neh,,

ini biografi tentang ibu TRI MUMPUNI, ibu ini namanya sempet disebut Presiden BArrack Obama di salah satu pidatonya,,pastinya pada penasaran dong,,siapa ya dia?kok bisa sampai-sampai orang sekaliber Barrack Obama nyebutin namanya,,ternyata emang huebat ini Ibu,,silahkan dibaca ya ,,




Ini file link videonya di you tube.

Atau ketik saja MENENTANG GULITA" ADA 3 SERI NEH

Bersahaja, rendah hati, dan ramah tercermin dari sosok seorang Ibu Tri Mumpuni. Ibu dua anak yang mengabdikan dirinya bagi masyarakat desa bersama suami tercinta, Iskandar Budisaroso Kuntoadji. Tidak kurang 60 lokasi terpencil yang sebelumnya gelap gulita menjadi terang benderang dengan pembangkit yang mereka bangun. Melalui Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan (Ibeka) yang mereka bentuk memberikan penerangan dibeberapa wilayah Indonesia dan satu lokasi di Filipina.

MENERANGI 60 DESA TANPA DANA PEMERINTAH SE SEN PUN
Ibu Tri Mumpuni bersama suami, membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) sebagai sumber energi listrik bagi wilayah yang belum terjangkau atau sulit dijangkau oleh PT PLN dengan memanfaatkan potensi energi air yang terdapat dilokasi setempat untuk menggerakkan turbin.

Ide awal pembangunan PLTMH berawal dari seringnya Ibu Tri Mumpuni bersama suami berkeliling ke desa-desa dan melihat sumber air yang melimpah namum belum ada kabel distribusi listrik dilokasi tersebut. Kemudian kita bicarakan kepada Kepala Desa setempat kemungkinan untuk membangun pembangkit listrik dengan memanfaatkan aliran sungai untuk menghasilkan listrik dari sebuah turbin.

Langkah selanjutnya lanjut Tri Mumpuni, adalah mengumpulkan data untuk melihat kemungkinannya secara teknis serta menghitung rencana anggaran biaya kemudian mencari sumber dana untuk pembangunan pembangkit.

Setelah dana tersedia, yayasan Ibeka lalu mengirim Tim Sosial untuk membangun komunitas. Tim Sosial ini akan berinteraksi selama beberapa minggu dengan masyarakat agar terbina hubungan yang baik. Langkah awalnya adalah menghubungi tokoh agama maupun tokoh adat setempat.

Kemudian masyarakat diminta membuat organisasi yang akan mengurus turbin, dengan menentukan siapa ketua, bendahara, sekretaris, hingga siapa yang bertanggung jawab untuk melakukan bongkar pasang mesin turbin. Tim yangg terbentuk tersebut juga diberikan pengetahuan pengoperasian mesin turbin dan penghitungan biaya yang harus dikeluarkan pelanggan dan biaya memelihara pembangkit listrik.

Tim Teknis Ibeka akan berkoordinasi dengan tim yang sudah dibentuk dari perwakilan masyarakat dalam pengelolaan maupun hal-hal lainnya terkait dengan pembangkit, jelas Tri Mumpuni.

Agar pembangkit listrik tenaga air itu dapat menjalankan fungsinya terus-menerus maka daerah tangkapan air di hulu harus dipertahankan seluas 30 kilometer persegi. Tidak boleh ada penebangan hutan dan vegetasi.

Listrik bagi desa terisolir bukanlah tujuan akhir ujar Tri Mumpuni, membangun pemberdayaan masyarakat khususnya secara ekonomi adalah tujuan utama kami. Dengan adanya listrik diharapkan ekonomi masyarakat dapat terbangun dan sekaligus membantu pemerintah untuk melistriki desa-desa terpencil.

Ini wajah suaminya :
Iskandar Budisaroso Kuntoadji yang akrab disebut MAS GENDOS.


2 comments:

lovely oriflame said...

kereennnn...salut buat ibu tri..
sesuai bgt dg moto nya ibu kartini "habislah gelap terbitlah terang"

l3Ny said...

iya neh,..mantaps ya...trus udh gitu dia ngga pernah minta biaya ama pemerintah gitu lg,,manteps,, :)